Hasil Laga Persita vs Persipura
Hasil Laga vs

NOBARTV NEWS – Hasil laga Jayapura di pekan ke 34 Indonesia musim ini berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan Persipura Jayapura.

Pertandingan antara Persita vs Persipura Jayapura telah selesai dilangsungkan di Stadion Kompyang Sujana pada hari Kamis 31 Maret 2022.

Tiga gol kemenangan Persipura Jayapura saat melawan Persita Tangerang tersebut dicetak oleh Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhasvili, dan Ramiro Fergonzi.

Sayangnya, meskipun berhasil mendapatkan kemenangan telak, Persipura Jayapura mendapat kabar buruk. Diketahui bahwa Persipura Jayapura terdegradasi dari Liga 1 musim ini.

Meskipun menang besar melawan Persita di pekan terakhir BRI Liga 1 musim ini, nyatanya tidak cukup untuk menyelamatkan Persipura Jayapura keluar dari zona degradasi Liga 1.

Persipura Jayapura terdegradasi lantaran Barito Putera bermain imbang melawan Persib di pekan yang sama, sehingga poin Persipura Jayapura dan Barito Putera tetap sama, namun Persipura Jayapura kalah perhitungan gol serta head to head.

Jika saja Barito Putera kalah melawan Persib, maka kemenangan melawan Persita akan menyelamatkan Persipura Jayapura dari degradasi BRI Liga 1 musim ini.

Ulasan Laga Persita vs Persipura

Persita Tangerang memasang posisi 433 sejak awal laga, diketahui bahwa Persita memasang A Hardianto, Kasim Botan, dan Miftahul Hamdi di lini depan. Untuk lini tengah, Persita Tangerang memainkan Bae Sin Young, Harrison Cardoso, dan R Ariansyah. Dan untuk lini pertahanan, Persita Tangerang memainkan D Gusmawan, O Choiri, Edo Febriansyah, dan M Toha, serta R Oscario sebagai kiper.

Sementara itu, Persipura Jayapura bermain dengan posisi 4231 sejak awal laga dengan sosok Bokhasvili di ujung tombak serangan, didukung oleh E Basna, Yohanes Pahabol, dan Ramiro Fergonzi di lini tengah. Persipura Jayapura memasang Matsunaga dan N Alom sebagai gelandang bertahan, untuk lini belakang ada empat bek, yakni Israel Wamiau, B Fatari, Y Pae, dan W Horota, serta Dede Sulaiman sebagai kiper.

Menilik pada statistik akhir pertandingan, Persipura Jayapura tampak lebih dominan daripada Persita Tangerang dalam urusan penguasaan bola.

Diketahui bahwa Persipura Jayapura mampu menguasai 58% penguasaan bola (82% akurasi passing), sedangkan Persita Tangerang hanya mampu menguasai 42% penguasaan bola (80% akurasi passing).

Persipura Jayapura juga lebih dominan dalam hal percobaan menciptakan gol. Diketahui bahwa Persipura menciptakan 14 kali tendangan ke gawang lawan (9 on target). Sementara Persita Tangerang hanya mampu mencatat 8 kali tendangan ke gawang (3 kali on target).

Tiga gol Persipura Jayapura dicetak pada babak pertama dan babak kedua. Dua gol dicetak di babak pertama melalui Yohanes Pahabol dan Yevhen Bokhasvili, sedangkan gol ketiga dicetak oleh Ramiro Fergonzi di babak kedua.

Dengan hasil ini, Persipura Jayapura mengakhiri BRI Liga 1 musim ini di peringkat ke 16 dengan total 36 poin, sedangkan Persita Tangerang mengakhiri BRI Liga 1 di posisi ke 12 dengan raihan 39 poin.

Persipura Jayapura yang notabene salah satu tim kuat dan penuh dengan sejarah di Liga 1 Indonesia terpaksa harus berlaga di Liga 2 untuk musim depan. Diketahui bahwa Persipura Jayapura terdegradasi ke Liga 2 musim ini bersama dua tim lain yakni Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh.

Melalui unggahan di akun Instagram resminya, Persipura Jayapura juga menampakkan kesedihan usai terdegradasi. Para fans sepakbola banyak yang berharap dan mendoakan agar Persipura Jayapura bisa kembali bangkit dan kembali ke Liga 1 Indonesia.