Bagi Jordi Amat, Membela Timnas Indonesia Layaknya Bermain untuk Timnas Inggris

Bagi Jordi Amat, Membela Timnas Indonesia Layaknya Bermain untuk Timnas Inggris

NOBARTV NEWS – Tinggal selangkah lagi, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan segera berseragam Timnas Indonesia. Keduanya secara resmi telah mendapatkan persetujuan (pindah kewarganegaraan) oleh DPR RI dalam sidang paripurna beberapa waktu lalu. Khusus untuk Jordi Amat, bek anyar Johor Darul Takzim itu mengaku tak sabar untuk membela tanah kelahiran nenek moyangnya.

Berbeda dengan Sandy Walsh yang lebih banyak berkutat di Liga Belgia, Jordi Amat merupakan seorang pengembara. Terhitung, Amat pernah membela lima klub berbeda di tiga negara Eropa. Dua negara yang pernah disinggahinya merupakan negara dengan kultur sepak bola terbaik sejauh ini.

Amat pernah mencicipi kerasnya persaingan di Liga Premier Inggris ketika berseragam Swansea City. Selain itu, Amat juga pernah beradu dengan dua pemain terbaik di eranya yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tatkala berseragam Rayo Vallecano di La Liga.

Di penghujung karirnya, ketika ia sudah berusia 30-an, Amat berpikir untuk membela Timnas Indonesia dan hijrah ke Asia – tepatnya ke klub raksasa Malaysia Johor Darul Takzim. Sebelum ke JDT, Amat pernah bermain di Liga Pro Belgia bersama KAS Eupen.

Diprediksi, Amat dan Sandy Walsh sudah bisa turun (Timnas Indonesia) dalam ajang Piala AFF 2022 mendatang. Keduanya sudah tidak sabar untuk bermain bersama Marc Klok dkk. Sebelumnya, kedua pemain ini sempat ikut latihan bareng jelang Timnas Indonesia melawan Bangladesh dalam ajang FIFA Matchday beberapa bulan lalu.

Dilansir dari Goal, Amat mengaku begitu antusias jelang menjadi Warga Negara Indonesia. Secara blak-blakan, Amat menyebut membela Timnas Indonesia bagaikan membela Timnas Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia.

“Itu (membela timnas Indonesia) seperti memiliki Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia di belakang Anda. Saya akan merasakan banyak hal, kebanggaan yang besar, banyak ilusi. Ini akan menjadi momen yang berharga dan indah,” ujar Jordi Amat.

Amat sudah memiliki rencana khusus usai ia resmi berseragam Timnas Indonesia nanti. Jersey pertama yang ia gunakan akan ia serahkan kepada sang nenek sebagai bentuk bahagia dan rasa bangganya karena lewat neneknya lah ia mengenal Indonesia.

“Jersey pertama saya di tim nasional akan saya berikan kepada nenek saya. Level kegembiraannya sungguh luar biasa. Saya memperhatikan itu ketika kami berbicara melalui beberapa aplikasi. Buat dia, mengenalkan cucunya ke Indonesia merupakan sesuatu yang sangat, sangat besar,” tutup Amat.

Keberadaan Amat di Piala AFF 2022 nanti diharapkan mampu membawa Timnas Indonesia menjuarai event dua tahunan di Asia Tenggara itu. Di event serupa sebelumnya (Piala AFF 2020), Timnas Indonesia hanya finis sebagai runner-up karena kalah dari Timnas Thailand di partai final.

Dengan adanya Amat serta Walsh dan beberapa pemain abroad lainnya, Shin Tae-yong dan seluruh penikmat sepakbola Indonesia optimis skuad Garuda bakal membawa pulang gelar juara.

Penulis:
Editor: Andri Yarusman

Dapatkan berita & prediksi bola terupdate dari kami dengan mendownload APK NOBARTV NEWS di Google Playstore | Google News.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Responses

Comments are closed.