Timnas Indonesia

PSSI Tunjuk Indra Sjafri Tangani Timnas U-23 di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Setelah melakukan rapat internal antara Exco dan Ketua Umum PSSI, Indra Sjafri akhirnya dipilih sebagai pengganti STY di SEA Games 2023. Hal itu diputuskan karena padatnya jadwal yang akan dihadapi oleh pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, di tahun 2023 ini, di berbagai kelompok umur akan melakoni beberapa even penting. Sementara itu, Shin Tae-yong merupakan pelatih yang menangani tiga kelompok umur sekaligus. Ia menjadi pelatih untuk tim senior, U-23, hingga U-19.

Sepanjang tahun 2023, Shin Tae-yong akan membersamai skuad Garuda di Piala Asia U-20, , SEA Games 2023, , hingga FIFA Matchday 2023. Padatnya jadwal tersebut membuat Shin harus melepas salah satu turnamen penting.

Maka daripada itu, dipilihlah satu ajang yang jaraknya amat berdekatan yaitu SEA Games 2023. Diketahui, SEA Games 2023 akan dilangsungkan di Kamboja pada 5 sampai 17 Mei 2023. Sementara itu, Piala Dunia U-20 diagendakan mulai pada beberapa hari sesudahnya yaitu pada tanggal 20 Mei sampai 11 Juni.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Jarak yang amat berdekatan itu membuat STY harus melepas salah satu jabatannya (di Timnas U-23). Sebab tak mungkin ia mempersiapkan dua tim sekaligus dalam waktu yang sangat berdekatan. Maka daripada itu, setelah rapat yang dilakukan pada 30 Januari, Sekjen PSSI pun mengumumkan nama pengganti Shin Tae-yong satu hari sesudahnya atau pada tanggal 31 Januari kemarin.

Pengumuman itu tertulis lewat artikel yang dipublikasikan PSSI di laman resminya dengan judul “PSSI Tunjuk Indra Sjafri sebagai Pelatih SEA Games 2023.”

“Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI soal persiapan cabang olahraga untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” tambah Yunus Nusi lagi.

Baca Juga:  Prediksi Line-Up Indonesia vs Korea Selatan, Sananta Langsung Starter?

Terpilihnya nama Indra tentu membuat penikmat sepak bola tanah air cukup terkejut. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, nama Nova Arianto dan Bima Sakti lah yang digadang-gadang akan mengganti STY. Sebab Indra sendiri sedang menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI.

Namun dipilihnya Indra tentu bukan tanpa alasan. Indra memiliki pengalaman membesut Timnas Indonesia U-23 sebelumnya. Ia juga pernah menjadi pelatih untuk Timnas U-19 hingga U-16. Di level klub, pria kelahiran Lubuk Nyiur 59 tahun silam ini tercatat sebagai mantan pelatih PSP Padang dan tim Liga 1 Bali United.

Dan yang tentunya tidak bisa kita lupakan adalah di SEA Games 2019 lalu, Indra juga menjadi pelatih Timnas Indonesia. Di even tersebut, Indra membawa skuad Garuda sebagai runner-up di bawah Timnas Vietnam.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

19 Comments