Timnas Indonesia

PSSI Ungkap 2 Alasan Pilih Indra Sjafri Gantikan STY di SEA Games 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI resmi mengusung nama Indra Sjafri sebagai pengganti STY di SEA Games 2023. Setidaknya, PSSI memiliki dua alasan ketika memilih mantan pelatih Bali United itu.

Sebagaimana diketahui, dan SEA Games menjadi salah dua agenda Shin Tae-yong selama tahun 2023 ini. Dua even tersebut memiliki jarak pelaksanaan yang sangat berdekatan. SEA Games di Kamboja akan digelar sejak 5 sampai 17 Mei 2023. Sementara itu, Piala Dunia U-20 akan dihelat tiga hari sesudahnya yaitu pada tanggal 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Jadwal yang sangat berdekatan tersebut membuat Shin Tae-yong harus melepas salah satu kewenangannya. Sejujurnya, Shin tentu sangat berat untuk melepasnya. Karena sejak tahun lalu, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu sudah teguh pendiriannya untuk menukangi tiga kelompok umur sekaligus. Dari tim senior, U-23, sampai U-19.

Akan tetapi, jadwal padat tersebut memaksanya untuk ikhlas melepas tanggung jawabnya itu. Sebab tak mungkin baginya mempersiapkan dua kelompok umur sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dilihat dari jadwal pelaksanaannya, meski SEA Games akan lebih dulu selesai dari Piala Dunia U-20, namun pemusatan latihan keduanya bisa dipastikan akan digelar dalam waktu yang bersamaan.

Maka daripada itu, atas rekomendasi Shin Tae-yong dan persetujuan PSSI, maka dipilihlah nama Indra Sjafri sebagai pengganti sang pelatih. Terpilihnya nama Indra Sjafri sedikit mengejutkan karena yang bersangkutan sedang memiliki tanggung jawab lain sebagai Direktur Teknik PSSI. Bahkan, namanya tak terpikirkan sebelumnya karena khalayak sepak bola Indonesia lebih menjagokan nama Bima Sakti (pelatih Timnas U-16) dan Nova Arianto (asisten Shin Tae-yong) sebagai pengganti Shin di ajang tersebut (SEA Games 2023).

Namun lewat artikel terbaru yang dimuat di laman resmi PSSI, Federasi Sepak Bola Tertinggi di Indonesia itu akhirnya memilih Indra Sjafri. Lewat tulisan berjudul “PSSI Tunjuk Indra Sjafri sebagai Pelatih SEA Games 2023,” Mochamad Iriawan dan para bawahannya memiliki alasan mengapa memilihnya.

Berdasarkan penuturan Sekjen Yunus Nusi, terdapat dua alasan Ketum dan Exco PSSI memilih nama Indra Sjafri. Pertama, pelaksanaan SEA Games yang semakin dekat sehingga PSSI butuh orang yang bisa bertanggung jawab untuk mengemban amanah tersebut. Kedua, PSSI tengah memastikan program bersama KOI serta Kemenpora harus disegerakan secepat mungkin demi mewujudkan prestasi yang lebih baik lagi.

“Mengingat semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games di Kamboja, PSSI perlu mengambil langkah untuk menunjuk pelatih yang akan bertanggung jawab pada event tersebut,” kata Yunus Nusi.

“Hal ini tentu sejalan dengan program Kemenpora dan KOI tentang persiapan cabang olahraga (cabor) untuk prestasi yang segera dilaksanakan,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

13 Comments