Timnas Indonesia

Wasitnya Mendapat Teror dari Fans Indonesia, Asosiasi Sepakbola Oman Akhirnya Buka Suara



NOBARTV NEWS Asosiasi Sepakbola Oman buka suara, Asosiasi Sepakbola Oman akhirnya buka suara terkait ancaman serta kisruh yang melibatkan Ahmed Al Kaf. Diketahui, Ahmed Al Kaf merupakan wasit asal Oman yang dinilai berat sebelah ketika memimpin pertandingan antara Bahrain vs Indonesia.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia pada malam hari ini akan berhadapan dengan Timnas China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga ini merupakan matchday keempat dalam grup C di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia.

Sebelumnya, pada matchday ke-tiga yang digelar di markas Bahrain, skuad Garuda mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Mereka untuk ketiga kalinya secara berturut-turut meraih hasil imbang. Setelah melawan Arab Saudi dengan skor akhir 1-1 lalu menahan imbang Australia 0-0, anak asuh Shin Tae-yong itu kembali bermain sama kuat 2-2 dengan Bahrain.

Namun lebih dari itu, hasil imbang ini pada kenyatannya berbau amat kontoversi. Pasalnya, sang wasit Ahmed Al Kaf dinilai tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Al Kaf kerap memberikan keputusan yang menguntungkan tuan rumah Bahrain.

Salah satu yang paling disorot adalah ketika ia membiarkan pertandingan terus dilanjutkan ketia menit menunjukkan 90+6. Padahal, di saat itu, perangkat pertandingan memberikan tambahan waktu selama 6 menit. Di posisi ini pula, skuad Garuda sedang unggul 1-2. Namun seperti yang disebutkan tadi, Ahmed Al Kaf tak kunjung mengakhiri pertandingan.

Baca Juga:  Klasemen Sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia: Indonesia Tertahan di Posisi ke-lima!

Ia baru menutup pertandingan usai Bahrain secara mengejutkan menyamakan kedudukan pada menit 90+9. Padahal, waktu gol tersebut dicetak sudah lewat dari menit tambahan yang diberikan.

Alhasil, pemain hingga pelatih yang berada di dalam dan luar lapangan melakukan protes keras. Salah satunya adalah Sumardji – selaku manajer Timnas Indonesia mendapat kartu merah saking kerasnya protes yang dilakukannya.

Hasil ini juga membuat netizen Indonesia bersatu. Mereka mengutuk keras sikap dan kinerja Ahmed Al Kaf. Tidak cuma itu, netizen bereaksi dengan berbagai cara. Mereka membuat meme terkait sang wasit. Sampai-sampai, akun media sosial Ahmed Al Kaf hilang karena laporan yang dilakukan netizen. Tidak selesai sampai di situ, Ahmed Al Kaf dikabarkan mendapat teror seperti ancaman pembunuhan.

Baru-baru ini, Asosiasi Sepakbola Oman akhirnya buka suara. Mengingat Ahmed Al Kaf berasal dari Oman, maka sudah seharusnya Asosiasi Sepakbola Oman tidak diam. Ia memberikan keterangannya setelah beberapa hari Ahmed Al Kaf menjadi topik pembicaraan panas di media sosial.

Wasitnya Mendapat Teror dari Fans Indonesia, Asosiasi Sepakbola Oman Akhirnya Buka Suara
Pernyataan resmi Asosiasi Sepakbola Oman terkait ancaman kepada Ahmed Al Kaf (sumber: IG @faoman)

“Asosiasi Sepak Bola Oman mengutuk keras serangan yang tidak beralasan dan penggunaan bahasa yang mengancam dan mengintimidasi kepada wasit internasional Oman Ahmed Al Kaf dan asistennya setelah pertandingan antara Bahrain dan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia,” tulis pernyataan OFA dalam sebuah unggahan di akun X.

Baca Juga:  Begini Kata Media Belanda soal Peluang Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Secara khusus, OFA menyebut menolak segala bentuk perilaku sejumlah fans Timnas Indonesia yang dianggapnya berada di luar konteks.

“Federasi Oman menegaskan penolakan mutlak terhadap perilaku di luar konteks tersebut oleh sejumlah fans Indonesia dan beberapa pihak, serta memperingatkan tentang konsekuensi dari perilaku di luar konteks tersebut dan menekankan komitmen staf Oman sepanjang sejarah mereka yang terhormat terhadap tingkat profesionalisme tertinggi dan penerapan tingkat transparansi, integritas, dan netralitas tertinggi sesuai dengan standar internasional yang membuat mereka memenuhi syarat untuk menjadi wasit elit di Asia,” lanjut OFA.

Tidak selesai sampai di situ, OFA meminta FIFA dan AFC untuk bertanggung jawab atas perlindungan yang diberikan kepada wasit. Kata OFA, keselamatan dan keamanan mereka merupakan tanggung jawab AFC dan FIFA juga.

“Asosiasi Sepak Bola Oman menyerukan Federasi Internasional dan Asia untuk memikul tanggung jawab sesuai dengan peraturan dan sistem yang berlaku untuk melindungi wasit dan memastikan keselamatan dan keamanan mereka,” tulis OFA.

“Asosiasi menegaskan bahwa mereka terus melangkah maju dalam koordinasi dengan otoritas terkait untuk mencapai tujuan yang sama. Asosiasi Sepak Bola Oman sekali lagi berjanji untuk melanjutkan dukungan terhadap tim wasit Oman yang dipimpin wasit internasional Ahmed Al Kaf, yakin dengan kompetensi mereka, memuji level mereka, dan berharap kesuksesan serta bimbingan mereka dalam karier kontinental dan internasional,” tutup pernyataan OFA.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Wasitnya Mendapat Teror dari Fans Indonesia, Asosiasi Sepakbola Oman Akhirnya Buka Suara yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid