Travel & Wisata

Kemewahan La Sagrada Família, Destinasi Wisata Barcelona yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO



NOBARTV NEWS La Sagrada Família merupakan basilika kecil Katolik Roma yang terletak di Barcelona, Spanyol. Bangunan megah ini merupakan karya dari Antonio Gaudí yang kini telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2005.

Ada banyak hal menarik tentang La Sagrada Família untuk dibahas, seperti sejarah, arsitektur bangunan, hingga pesona yang menjadi daya tarik bangunan megah ini.

Nah, apa saja yang membuat La Sagrada Família menjadi salah satu bangunan yang paling menarik perhatian turis di Barcelona? Berikut adalah rangkuman selengkapnya. Simak sampai habis, ya!

Sejarah La Sagrada Família

Pembangunan kuil Sagrada Família dimulai pada tahun 1882 oleh Antonio Gaudí. Pada tahun 1881, pembangunan ini diawali dari sumbangan Asosiasi Spiritual Para Pemuja Santo Yosef yang membeli sebidang tanah seluas 12.800 meter persegi untuk membangun sebuah kuil.

Menariknya, sebelum dipangku oleh Gaudí pada akhir 1883, proyek tersebut ditugaskan kepada arsitek lain bernama Francesc de Paula Villar.

Proyek yang dicetuskan Gaudí ternyata jauh lebih ambisius daripada yang diusulkan oleh pendahulunya. Proyek tersebut meliputi pembangunan kuil dengan 5 nave, 1 transpet, 1 apse, 1 ambulatory eksterior, 3 fasad, dan 18 menara.

Llibre Jordi Faulí La Sagrada Família (SC: sagradafamilia.org)
Llibre Jordi Faulí La Sagrada Família (SC: sagradafamilia.org)

Kabarnya, ini merupakan proyek paling rumit dan unik yang pernah dilakukan oleh Gaudí  sepanjang karier profesionalnya, yang ia dedikasikan selama 43 tahun dalam hidupnya.

Sejak 1914, Antoni Gaudí menghentikan pekerjaannya pada proyek-proyek sipil dan hanya berfokus pada pembangunan kuil.

Pada 30 November 1925, pembangunan menara lonceng pertama di fasad Nativity rampung. Ini adalah satu-satunya yang dapat dilihat Gaudí, karena ia berpulang pada 10 Juni 1926 akibat kecelakaan tragis yang terjadi tiga hari sebelumnya.

Baca Juga:  Traveling ke Luar Negeri? Coba Kunjungi 10 Negara Terbaik versi World Economic Forum

Setelah kematian Gaudí, muridnya, Domènec Sugrañes, mengambil alih tugas pembangunan. Pekerjaan proyek akbar ini terus berlanjut. Tiga menara lonceng yang tersisa di fasad Nativity diselesaikan pada 1930. Sayangnya, Perang Saudara Spanyol pada 1938 menyebabkan tragedi kebakaran di ruang bawah tanah, di mana Gaudí menyimpan semua informasi mengenai rancangan dan model bangunan.

Informasi mengenai peninggalan Gaudí tidak sepenuhnya ditemukan, sehingga tidak ada yang benar-benar mengetahui apa yang telah dibayangkan oleh sang arsitek.

Pembangunan pada fasad Passion, fasad kedua kuil mega tersebut, membutuhkan waktu setidaknya 22 tahun, dari 1954 hingga 1976. Para penerus mencoba membangunnya sedekat mungkin dengan apa yang ada dalam pikiran Gaudí.

Detail arsitektur Passion façade La Sagrada Familia (SC: sagradafamilia.org)
Detail arsitektur Passion façade La Sagrada Familia (SC: sagradafamilia.org)

Fakta unik lainnya adalah Gaudí hanya menyelesaikan pembangunan pada fasad Nativity beserta empat menaranya, karena ia tahu bahwa ia tak akan pernah bisa melihat bangunan ini selesai dibangun.

Pesona Keindahan Arsitektur La Sagrada Família

Kemewahan arsitektur salah satu interior La Sagrada Família, Barcelona, Spanyol (SC: Barcelonaexplores)
Kemewahan arsitektur salah satu interior La Sagrada Família, Barcelona, Spanyol (SC: Barcelonaexplores)

Sejak kematian Gaudí, beberapa arsitek selain Domènec Sugrañes, pekerjaan ini juga dipangku oleh Isidre Puig Boada , Lluís Bonet i Garí , Francesc de Paula Cardoner Blanch , Jordi Bonet Armengol dan Jordi Faulí Oller , yang menjabat sejak 2012.

La Sagrada Família disebut-sebut akan menjadi bangunan tertinggi di Barcelona, dan sebagai gereja katolik tertinggi di dunia, dengan ketinggian mencapai 172 meter.

Kuil Sagrada Familia digadang-gadang menjadi Basilika dan Geraja Katolik tertinggi (SC: sagradafamilia.org)
Kuil Sagrada Familia digadang-gadang menjadi Basilika dan Geraja Katolik tertinggi (SC: sagradafamilia.org)

Baca Juga:  Pesona 10 Kastil Jerman yang Jarang Dikunjungi, Tawarkan Ketenangan Berwisata

Seperti semua kuil penebusan dosa pada umumnya, sumber pendapatan Sagrada Família hanya berasal dari sumbangan dan kontribusi pribadi para pengunjung. Berkat pendapat ini, kemajuan teknologi dalam konstruksi, pekerjaan pembangunan dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Sejak tahun 2000, kubah telah diselesaikan secara struktural dan ditutup. Pondasi fasad Kemuliaan telah ditelakkan, fasad Sengsara telah diselesaikan. Hingga pada 7 November 2010, Paus Benediktus XVI mengunjungi kuil tersebut sekaligus mendeklarasikannya sebagai Basilika dan memimpin masa dengan khidmat.

Pembangunan Basilika ini direncanakan selesai pada tahun 2026, yang menandai 100 tahun kematian sang arsitektur utama, Antoni Gaudí.

Momen ini digadang-gadang akan menjadi momen emosional bagi warga Catalonia serta para pengikutnya. Momen ini akan menjadi lebih penting jika Gaudí dinyatakan sebagai Santo Gereja Katolik, sebuah usulan yang diajukan pada 2000 oleh Asosiasi Beatifikasi Antoni Gaudí.

Pembangunan Basilika tertinggi (setelah pembangunannya selesai) merupakan mahakarya Gaudí yang menjalani pembangunan selama lebih dari satu abad. Banyak keajaiban dari karya Gaudí dari pembangunan ini, termasuk saat sinar matahari masuk melalui kaca patri, dunia sensasi yang berubah tergantung pada waktu dalam sehari.

Arsitektur Basilika La Sagrada Família, Barcelona, Spanyol (SC: spain.info)
Arsitektur Basilika La Sagrada Família, Barcelona, Spanyol (SC: spain.info)

Terdapat pula menara Sagrada Família untuk menikmati pemandangan kota. Dalam fasad Menara Kelahiran Yesus, ini berasal dari zaman Gaudí. Untuk mencapai puncak tertinggi menara ini, kamu harus berjalan kaki karena tidak ada lift ke puncaknya. Menara tersebut tidak cocok bagi pengunjung yang memiliki fobia terhadap ruang sempit.

Yang jelas, berkunjung ke kuil Sagrada Família tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi menara-menara yang ada di sana, yang merupakan elemen penting dalam karya Gaudí, karena menara tersebut merupakan tempat yang paling dekat dengan surga.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Kemewahan La Sagrada Família, Destinasi Wisata Barcelona yang Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)