Travel & WisataWhat's on Google Trends

Taman Bunga Nusantara Bogor: Harga Tiket, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas Terbaru 2024



NOBARTV NEWS Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bogor, khususnya bagi pencinta bunga dan flora. Taman ini menawarkan keindahan hamparan bunga berwara-warni, lengkap dengan bangunan, tatanan, dan konsep yang unik.

Taman yang juga dikenal dengan nama Taman Nasional Bogor ini memiliki luas sekitar 23 hektar. Sejak diresmikan pada tahun 1995, tempat ini memiliki 10 taman yang ditumbuhi ribuan bunga yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga berbagai negera.

Tak hanya itu. Fasilitas tempat wisata Bogor ini terbilang cukup lengkap, mulai dari area parkir yang mudah dijangkau, toilet, musala, hingga food court.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi Taman Nusantara Bogor, ada baiknya jika kamu mengetahui informasi lebih lanjut tentang tempat wisata ini. Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut.

Wahana Taman Bunga Nusantara Bogor

Taman Nasional Bogor memiliki 10 area taman, yang mana memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Untuk memasuki seluruh taman, kamu tidak akan dikenakan tiket tambahan. Berikut adalah daftar 10 taman di Taman Bunga Nusantara Bogor.

1. Taman Bunga Mawar

Taman yang pertama adalah Taman Bunga Mawar. Kawasan ini selalu menarik untuk dilihat karena hamparan bunga mawarnya yang indah. Bunga yang menjadi simbol keromantisan ini tak hanya indah saat dipandang, tetapi juga menguarkan aroma wangi yang menenangkan. Pengunjung dapat melihat hamparan mawar merah, putih, hingga kuning, tanpa campuran jenis bunga lain.

2. Taman Labirin

Kawasan menarik lainnya adalah Taman Labirin atau maze. Di sini, kamu bisa mengajak seluruh keluarga, bahkan anak-anak, untuk bermain sambil belajar dengan mencari jalan keluar dari dalam labirin. Tenang! Meskipun labirin ini sangat luas, kamu bisa membeli peta agar tidak tersesat saat memulai petualangan.

3. Taman Jepang

Seperti namanya, Taman Jepang di Taman Nasional Bogor didesain mirip dengan taman-taman yang ada di Negeri Matahari Terbit. Bagian yang menjadi ciri khas taman Jepang adalah keberadaan bonsai lengkap dengan jembatan kayu serta ornamen-ornamen khas Jepang.

4. Taman Bali

Taman bali juga menyuguhkan nuansa khas Bali dengan bangunan pura di area taman. Selain itu, terdapat bunga kamboja yang digunakan untuk ibadah masyarakat Bali, yang semakin membuatnya tampak seperti Bali sungguhan.

5. Taman Prancis

Salah satu taman yang terkenal di Prancis adalah The Versailles Garden, yakni sebuah taman yang terdiri dari rumput dan pepohonan yang dibentuk sedemikian rupa dengan air mancur di tengahnya.

Taman Bunga Nusantara Bogor tampak mengadopsi desain The Versailles Garden yang membuatnya tampak seperti taman Prancis yang sesungguhnya dengan air mancur di tengah, serta tatanan bunga dan pepohonan yang dibentuk rapi.

6. Taman Amerika

Area ini mengadopsi daerah pedesaan Amerika yang memiliki taman dengan ciri khas segar dan full colour. Sepanjang jalan setapak, pengunjung akan disuguhi rentetan tanaman hias berwarna-warni dan segar.

7. Taman Mediterania

Meskipun Taman Nasional Bogor terletak di ketinggian 700 mdpl, taman ini juga memiliki hamparan gurun pasir khas daerah Mediterania, lengkap dengan kaktus dan tanaman gurun yang jarak ditemuni di Indonesia, lho! Unik, bukan?

8. Taman Air Dinosaurus

Kawasan ini merupakan yang paling favorit di kalangan anak-anak. Pasalnya, terdapat kolam yang ditumbuhi tanaman air, yakni teratai, yang berasal dari berbagai negara, serta patung dinosaurus yang sangat tinggi, yang diselimuti dedaunan dari tanaman hidup.

9. Taman Angsa

Seperti namanya, di area ini terdapat sebuah danau, di mana pengunjung bisa dengan mudah melihat berbagai jenis angsa putih dan hitam yang sedang bermain di sana. Selain itu, terdapat patung angka yang menakjubkan. Bagian kepala dibuat menjulang ke atas, sementara bagian ekor dibentuk dari tanaman di atas tanah.

10. Taman Pohon Palem

Kawasan ini ditumbuhi berbagai jenis palem dengan berbagai bentuk menarik, seperti palem raksasa, palem boto, palem madagaskar, hingga palem meksiko. Taman Pohon Palem memiliki suasana yang lebih hijau dan segar, berbanding terbalik dengan habitat asli pohon palem yang kering dan tandus.

11. Menara Pandang

Jika kamu mager mengelilingi taman seluas 23 hektar ini, kamu tetap bisa menyaksikan keindahannya melalui menara pandang. Menara ini memiliki empat tingkat serta area anak tangga yang cukup luas, sehingga pengunjung terhindar dari kondisi berdesakan.

12. Rumah Kaca Tanaman 4 Musim

Indonesia adalah negara tropis yang hanya memiliki dua musim, yakni penghujan dan kemarau, sehingga cukup sulit menemukan jenis flora yang tumbuh di kawasan empat musim, seperti plum, lavender, sakura, dan lainnya.

Tapi, di rumah kaca Taman Nasional Bogor, kamu bisa menemukan mereka! Rumah kaca ini telah didesain sedemikian rupa, termasuk pengaturan suhu, sehingga memungkinkan untuk tanaman empat musim tumbuh.

Lokasi Taman Bunga Nusantara Bogor

Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Fasilitas Taman Bunga Nusantara Bogor

  • Area parkir
  • Kendaraan sewa untuk berkeliling taman
  • Gazebo
  • Toko oleh-oleh
  • Toko bunga
  • Food court
  • Camping ground
  • Amphitheater
  • Gedung serbaguna
  • Toilet umum
  • Musala

Harga Tiket Taman Bunga Nusantara Bogor

  • Tiket masuk Rp40 ribu per orang
  • Tiket wahana mulai dari Rp10-50 ribuan
  • Parkir motor Rp10 ribu
  • Parkir mobil Rp15 ribu
  • Parkir minibus Rp20 ribu
  • Parkir bus Rp25 ribu

Jam Operasional Taman Bunga Nusantara Bogor

Taman Bunga Nusantara buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Taman Bunga Nusantara Bogor: Harga Tiket, Jam Buka, Lokasi, Fasilitas Terbaru 2024 yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)