Travel & Wisata

Rekomendasi 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran Semarang, Cocok untuk Pemula?



NOBARTV NEWS Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Tengah yang dikenal memiliki jalur pendakian yang relatif mudah. Selain itu, puncak gunung ini menyuguhkan lanskap alam yang memukau, berupa hamparan perbukitan hijau, pegunungan, dan panorama Kota Semarang.

Gunung Ungaran memang tidak terlalu tinggi, tetapi gunung setinggi 2.050 mdpl ini memiliki jalur trek yang cukup menantang bagi pemula, namun estimasi waktu pendakian relatif singkat. Hal ini yang membuat gunung di Kabupaten Semarang ini menjadi salah satu kunjungan primadona, baik bagi pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Sebelum mendaki, penting bagi kamu untuk mengetahui jalu pendakian Gunung Ungaran, serta beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki.

Jalur Pendakian Gunung Ungaran

Puncak Botak Gunung Ungaran
Puncak Botak Gunung Ungaran (SC: mounture)

Gunung Ungaran menawarkan empat jalur pendakian yang memiliki tingak kesulitan yang bervariasi. Ada yang lebih mudah dilalui para pendaki pemula, namun ada pula yang sebaiknya dilalui pendaki yang sudah berpengalaman.

Nah, berikut adalah rangkuman empat jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa kamu jadikan referensi sebelum memutuskan mendaki.

1. Jalur Basecamp Mawar

Basecamp Mawar merupakan jalur pendakian yang paling direkomendasikan, karena dianggap yang aman dan terawat. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi hutan lebat yang terdiri pinus dan lain-lain. Udaranya terasa sejuk dan asri.

Trek jalur ini cukup landai dari basecamp hingga pos 1. Dari pos 1 menuju pos 2 mulai agak naik dan berbatu, terutama setelah melewati pos 5.

Estimasi pendakian via Basecamp Mawar membutuhkan waktu sekitar 7-12 jam perjalanan tektok (naik-turun), artinya, pendaki membutuhkan sekitar 3,5-6 jam untuk naik, dan 3,5-6 jam untuk turun dari puncak.

2. Jalur Candi Gedong Songo

Jalur Candi Gedong Songo berada di Komplek Candi Gedong Songo, desa Darum, kelurahan Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang. Jalur ini disebut-sebut bukan jalur resmi pendakian Ungaran, tetapi tetap banyak diminati pendaki karena sepanjang trek akan disuguhi pesona alam yang menawan. Estimasi pendakian tektok via Candi Gedong Songo adalah sekitar 5-8 jam.

3. Jalur Promasan

Jalur Pramosan terletak di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan. Jalur ini cocok dilalui bagi pendaki yang datang dari Kabupaten Kendal dan sekitarnya.

Jalur pendakian Gunung Ungaran via Promasan menyuguhkan lanskap indah berupa hamparan kebun teh hijau milik warga. Jalur ini bisa juga disebut jalur kilat, karena dapat dijangkau menggunakan sepeda motor dari Pasar Boja, Kendal.

Waktu pendakian yang dibutuhkan ketika melalui jalur ini adalah sekitar tiga jam. Untuk menjangkau basecamp, pendaki bisa berjalan kaki dari campground Medini atau menggunakan ojek selama satu jam.

4. Jalur Parantunan Gintungan, Bandungan

Jalur Parantunan berada di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan. Jalur ini merupakan jalur resmi, seperti halnya Jalur Basecamp Mawar.

Keuntungan memilih jalur Parantunan adalah pendaki bisa mendaki tiga puncak Gunung Ungaran sekaligus, yaitu Puncak Bondolan, Botak, dan Tugu Banteng Raider.

Jalur pendakian Paranturan cukup digemari para pendaki karena pesona alamnya. Ketika sampai di Puncak Bondolan menuju Puncak Botak, pendaki akan melewati Sabana Punggung Naga yang menjadi favorit para pendaki.

Jarak antarpos di jalur Paranturan tidak terlalu jauh. Trek jalur ini didominasi jalan tanah dan relatif landai, namun tetap menawarkan pengalaman yang istimewa, khususnya bagi pendaki pemula.

Estimasi perjalanan jalur pendakian Gunung Ungaran via Parantunan:

  • Basecamp – Pintu Rimba (15 menit)
  • Pintu Rimba – Pos 1, (12 menit)
  • Pos 1 – Pos 2, (13 menit)
  • Post 2 – Pos tiga, (17 menit)
  • Pos 3 – Ondo Rante, (10 menit)
  • Ondo Rante – Pos 4, (15 menit)
  • Pos 4 – Summit Camp, (32 menit)
  • Bondolan – Puncak Bothak, (38 menit)

Total perjalanan 2 jam 32 menit.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Rekomendasi 4 Jalur Pendakian Gunung Ungaran Semarang, Cocok untuk Pemula? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)