What's on Google Trends

Jokowi Gelar Reshuffle Kabinet, Perombakan Besar Pagi Ini!



NOBARTV NEWS Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan perombakan kabinet yang mengakibatkan perubahan di sejumlah posisi kunci dalam pemerintahan. Tindakan ini, yang dikenal sebagai reshuffle, mencakup penggantian beberapa menteri penting serta pembentukan badan baru.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang sebelumnya menduduki posisi tersebut telah digantikan oleh pejabat baru.

Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, nama-nama menteri baru akan diumumkan pada pukul 09.30 WIB.

Dalam sebuah pernyataan kepada wartawan pada hari Senin (19/8/2024), Ari Dwipayana meminta media untuk bersabar menunggu pengumuman resmi.

“Terkait siapa nama-nama Menteri, Wamen, dan Kepala Badan yang akan dilantik, tunggu aja jam 09.30 WIB nanti ya,” ujarnya.

Kabar terbaru mengenai reshuffle kabinet ini menyoroti tiga menteri yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi. Supratman Andi Agas, seorang politisi dari Partai Gerindra, akan menggantikan Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Baca Juga:  Cerita Lucu Bobby Kertanegara: Kucing yang Menguasai Istana Kepresidenan

Supratman dikenal sebagai anggota DPR dan pernah memegang beberapa posisi penting di Partai Gerindra sebelum diangkat ke posisi ini.

Bahlil Lahadalia, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), akan menggantikan Arifin Tasrif sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bahlil, yang dikenal sebagai seorang pengusaha dan politisi berpengalaman, diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam sektor energi dan sumber daya mineral Indonesia.

Sementara itu, Rosan Roeslani akan mengambil alih posisi Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM. Rosan, yang sebelumnya dikenal sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024, memiliki rekam jejak yang kuat dalam dunia bisnis dan politik.

Pelantikan Rosan diharapkan dapat mempercepat proses investasi dan memberikan dampak positif terhadap iklim investasi di Indonesia.

Selain perubahan di tiga posisi menteri tersebut, Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional. Lembaga ini merupakan badan baru yang baru dibentuk pada Agustus 2024 dengan tujuan untuk mengatasi isu-isu terkait gizi dan kesehatan masyarakat secara lebih efektif.

Baca Juga:  Mengenal Lidia Thorpe: Senator Australia yang Tuduh Raja Charles Lakukan Genosida

Dalam perkembangan terbaru, Rizka Andalusia akan dilantik sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) definitif. Rizka sebelumnya menjabat sebagai Plt Kepala BPOM dan akan menggantikan posisi definitif yang sebelumnya dipegang oleh pejabat lain.

Pelantikan ini diharapkan akan membawa pembaharuan dalam pengawasan obat dan makanan di Indonesia, terutama dalam hal kualitas dan keamanan produk-produk yang beredar di pasar.

Presiden Jokowi sebelumnya mengisyaratkan kemungkinan adanya reshuffle kabinet dalam beberapa pernyataannya.

Pada pekan lalu, Jokowi mengatakan bahwa perombakan kabinet masih bisa terjadi jika diperlukan. Pernyataan ini disampaikan saat memberikan keterangan pers di Training Center PSSI Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada Selasa (13/8/2024).

Jokowi menegaskan, “Ya kalau diperlukan. Kalau diperlukan (bisa terjadi),” merespons isu reshuffle yang kembali mengemuka.

Jokowi juga menambahkan, “Saya kan sudah ngomong dari dulu, kalau diperlukan. Saya masih punya hak prerogatif,” menjelaskan bahwa keputusan untuk melakukan reshuffle adalah hak prerogatifnya sebagai Presiden

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Jokowi Gelar Reshuffle Kabinet, Perombakan Besar Pagi Ini! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Siti Nur Azizah

seorang content writer yang comel