Travel & Wisata

Bali Selatan Mulai Sesak, Coba Main ke 7 Destinasi Wisata Bali Utara Ini! Pesonanya Gak Kalah Eksotis



NOBARTV NEWS Belum lama ini Kemenparekraf menyatakan bahwa wilayah Bali Selatan hampir mendekati overtourism, sehingga gencar mempromosikan destinasi wisata Bali Utara agar terwujud pariwisata yang merata di Pulau Dewata.

Kawasan Bali Utara memiliki banyak destinasi yang tak kalah memesona dengan kawasan selatan. Sayangnya, masih belum banyak wisatawan yang mengeksplor keindahan tersebut. Jika kamu berencana berlibur ke Bali, tidak ada salahnya mencoba bergeser ke wilayah utara Bali dan menyambangi tujuh tempat wisata berikut.

Kebun Raya Bedugul

Patung ikonik di Kebun Raya Bedugul Bali
Patung ikonik di Kebun Raya Bedugul Bali (SC: Pixabay @doniadijaya)

Kebun Raya Bedugul dikenal juga sebagai Kebun Raya Bali, merupakan salah satu wisata Bali Utara yang cukup populer di kalangan wisatawan. Kebun Raya ini mengusung konsep perpaduan wisata alam, konservasi, pendidikan, penelitian, serta dampak ekologis.

Kebun raya ini terletak di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali.

Di sini, pengunjung akan menjumpai berbagai flora langka, seperti pepohonan yang telah berusia ratusan tahun, dan berbagai jenis tanaman tropis, seperti anggrek, tumbuhan paku, lumut, kaktus, begonia, tanaman air, dan masih banyak lagi.

Tak hanya vegetasi hijaunya yang rindang dan sejuk, selama menyusuri kebun raya seluas 157,7 hektar ini, pengunjung akan ditemani kicauan burung-burung yang ada di sekitar. Suguhan panorama alam berupa pegunungan dan danau alami Kebun Raya Bedugul menjadi pelengkap nuansa asri wisata Bali Utara paling populer ini.

Pantai Lovina

Wisata Bali Utara, Pantai Lovina dan gerombolan lumba-lumba liar
Wisata Bali Utara, Pantai Lovina dan gerombolan lumba-lumba liar (SC: klook)

Selain Kebun Raya Bedugul, Pantai Lovina merupakan destinasi wisata alam di Bali Utara yang paling populer. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan kawanan lumba-lumba liar yang kerap beratraksi di laut lepas kawasan Pantai Lovina.

Baca Juga:  Keren! Jelang MotoGP Mandalika, Garuda Indonesia Luncurkan Livery IndonesianGP

Untuk menyaksikan gerombolan lumba-lumba liar tersebut, pengunjung harus menaiki perahu ke tengah laut. Umumnya, perahu dapat menampung 4-5 orang dengan biaya mulai dari Rp60 ribuan per orang.

Waktu terbaik untuk bertemu dengan kawanan lumba-lumba liar di Pantai Lovina adalah saat pagi hari, antara pukul 06.00-09.00 WITA saat musim kemarau, atau sekitar bulan April hingga Oktober. Masyarakat setempat mengatakan bahwa terkadang lumba-lumba akan kembali muncul saat sore hari.

Pantai Lovina juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama sunsethlo! Jadi, kamu bisa menghabiskan satu hari penuh di kawasan pantai ini, mulai dari pagi hari untuk berinteraksi dengan lumba-lumba, berenang atau bersantai saat siang, kemudian menutup hari dengan menikmati senja yang eksotis di sore hari.

Danau Beratan

Danau Beratan dan Pura Ulu, Bedugul, Bali Utara
Danau Beratan dan Pura Ulu, Bedugul, Bali Utara (SC: Pixabay DEZALB)

Danau Beratan terletak tak jauh dari Candi Kuning Bedugul. Kawasan wisata Bali Utara ini menawarkan keindahan alam yang romantis melalui kegagahan Pura Ulun Danau Beratan.

Kombinasi antara Danau dan pulau kecil yang menjadi tempat berdirinya Pura Ulun menciptakan keindahan yang eksotis, bahkan menjadi salah satu ikonik wisata di Bali. Sangking indahnya, lanskap Pura Ulun Danau Beratan dipilih sebagai gambar pada pecahan mata uang Rp50 ribu, hlo!

Pengunjung dapat menyusuri area danau dengan menaiki perahu. Bagi yang gemar memancing, maka tempat ini adalah yang sempurna.

Baca Juga:  Jelang MotoGP Mandalika, 50 Persen Kamar Hotel di Mataram Telah Dipesan

Air Terjun Sekumpul

Tempat wisata Bali Utara, Air Terjun Sekumpul, Buleleng
Tempat wisata Bali Utara, Air Terjun Sekumpul, Buleleng, (SC: Instagram @jordhammond)

Tempat wisata Bali Utara yang tak kalah eksotis adalah Air Terjun Sekumpul. Seperti namanya, air terjun Sekumpul merupakan kawasan yang memiliki kumpulan air terjun di satu tempat. Di sini terdapat tujuh air terjun yang dialiri dari beberapa sumber yang berbeda.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 100 meter bersumber langsung dari pegunungan. Aliran airnya cukup deras. Dinding di sekitar aliran diselimuti vegetasi hijau yang cukup rimbun, membuatnya terlihat asri, alami, dan sejuk. Sementara aliran yang satunya lagi berasal dari sungai yang ada di Desa Sekumpul.

Uniknya, Air Terjun Sekumpul memiliki warna air berbeda saat musim hujan. Di sebelah kiri, air akan terlihat jernih dan besrih, sementara di sebelah kanan, air terjun akan terlihat lebih keruh dan cokelat karena berasal dari sungai.

Puncak Wanagiri

Tempat wisata Bali Utara, Puncak Wanagiri
Tempat wisata Bali Utara, Puncak Wanagiri (SC: wonderfulimages.kemenparekraf)

Puncak Wanagiri atau Wanagiri Hidden Hill merupakan tempat wisata Bali Utara di daerah Buleleng yang wajib dikunjungi para pecinta fotografi.

Di kawasan ini menyimpan banyak spot foto instagramable yang estetik, eksotis, dan sayang untuk dilewatkan.

Dari atas puncak, pengunjung akan disuguhi lanskap alam yang memesona dari danau kembar, bernama Danau Buyan dan Tamblingan.

Nuansa kawasan Puncak Wanagiri masih begitu asri dengan pepohonan tinggi dan rimbun, membuat udara terasa sejuk dan menenangkan. Perpaduan antara birunya langit dan barisan pegunungan hijau terlihat begitu sempurna dan memanjakan mata.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Bali Selatan Mulai Sesak, Coba Main ke 7 Destinasi Wisata Bali Utara Ini! Pesonanya Gak Kalah Eksotis yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)