Politik & Hukum

Mukernas Perindo 2024: Megawati Hingga Anies Jadi Pembicara



NOBARTV NEWS Mukernas Perindo resmi digelar selama 3 hari, mulai dari 29 Juli hingga 31 Juli 2024. Mukernas sendiri merupakan Musyawarah Kerja Nasional yang diselenggarakan Partai Perindo untuk konsolidasi nasional dan membahas isu-isu strategis untuk pengembangan partai ke depannya.

Tema dari Mukernas Perindo di tahun 2024 ini adalah Transformasi Bangkit untuk Indonesia. Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo memaparkan terkait agenda mukernas di hadapan awak media.

“Partai Perindo menggelar musyawarah kerja nasional 2024 dengan tema: Transformasi Bangkit untuk Indonesia. Ada pun maksud dan tujuan Mukernas digelar untuk konsolidasi internal dan penguatan organisasi menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan sebagai fondasi 2029,” ujar Angela yang juga diamanahi sebagai Ketua Desk Pilkada Partai Perindo saat ditemui awak media di arena Mukernas Perindo, di JHC iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Terdapat 3 agenda utama dalam Mukernas Perindo ini. Pertama, pemberian rekomendasi calon kepala daerah, kedua, pembinaan kader, dan ketiga, pembekalan terhadap anggota legislatif terpilih agar siap bekerja sebelum dilantik serta konsolidasi Dewan Perwakilan Wilayah (DPW).

Perindo undang Megawati hingga Anies jadi pembicara

Pada hari pertama agenda Mukernas Perindo adalah pembukaan dan penyerahan rekomendasi dukungan kepada 60 calon kepala daerah. Rekomendasi dukungan tersebut akan diserahkan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

Di hari kedua akan ada bimbingan teknis kepada para kader dan caleg terpilih dari Partai Perindo yang diawali dengan sesi khusus kebangsaan dan Pancasila. Materi ini akan disampaikan langsung oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. 

Setelah itu akan ada empat sesi pembinaan dengan pemateri yang berasal dari beragam latar belakang, di antaranya:

Sesi 1: Perjuangan Partai Perindo dengan pemateri Angela Tanoesoedibjo dan Ahmad Rofiq, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Perindo.

Sesi 2: Politik berintegritas dengan pemateri Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango dan Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said.

Sesi 3: Komunikasi politik dengan pemateri Effendy Gazali dan Putri Komarudin.

Sesi 4: Fungsi kedewanan dengan pemateri Guru Besar Kebijakan Publik, Prof. Muchlis Hamdy dan Pakar Hukum Tata Negara, Bivitri Susanti, dan Pakar Kepemiluan, Titi Anggraini.

Sesi 5: Manajemen Konstituen, pematerinya antara lain Eep Saefullah dan Adian Napitupulu.

Lanjut di hari ketiga akan ada 2 sesi yang masing-masing diisi oleh Sandiaga Uno dalam sesi bisnis ekonomi dan investasi serta Anies Baswedan yang akan mengisi sesi hubungan legislatif.

Di hari ketiga juga akan dilakukan 3 sidang pleno yang membahas tentang pemenangan pilkada 2024, transformasi organisasi, serta program kerja sampai tahun 2025.

Apa yang dilakukan Partai Perindo ini merupakan landasan awal untuk program jangka panjang di tahun 2029.

Pada pileg 2024 lalu Perindo gagal menembus DPR RI. Mereka hanya meraih 1.955.154 suara atau setara dengan 1,28 persen suara. Masih di bawah ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Sinyal dukungan Perindo dan PDIP untuk Anies?

Hadirnya Megawati Soekarnoputri dan Anies Baswedan dalam Mukernas Perindo menimbulkan sejumlah spekulasi. Salah satunya adalah arah dukungan Partai Perindo untuk Pilgub Jakarta dan mungkin juga arah dukungan PDIP.

PDIP dan Perindo memang punya hubungan yang cukup harmonis. Dan sampai detik ini kedua partai tersebut belum menyatakan dukungan kepada siapapun pada Pilgub Jakarta.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Mukernas Perindo 2024: Megawati Hingga Anies Jadi Pembicara yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Muhammad Izzuddin

Seorang penikmat nasi balap yang suka mengamati dan membicarakan politik dalam negeri. Kadang-kadang menganalisa, memprediksi, dan mencari hal menarik dari setiap peristiwa politik yang terjadi.