Asuransi & Keuangan

5 Istilah Penting dalam Asuransi yang Wajib Dipahami Pemegang Polis!



NOBARTV NEWS Berencana ingin membeli polis asuransi? Jika, iya maka pemegang polis wajib mengetahui istilah penting dalam asuransi, seperti biaya premi dan lainnya.

Dengan memahami istilah penting dalam asuransi, maka pemegang polis akan lebih mudah mencari produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Nah, apa saja istilah penting dalam asuransi untuk para pemegang polis? Simak penjelasannya berikut.

1. Polis Asuransi

Istilah pertama adalah polis asuransi yaitu kontrak perjanjian kerjasama secara tertulis yang terjadi antara penyedia asuransi dengan nasabah pemegang polis.

Setiap jenis kontrak asuransi disebut sebagai polis asuransi. Isi dari kontrak tersebut merupakan perjanjian kerjasama berupa kesepakatan.

Kesepakatannya adalah penyedia asuransi bersedia untuk menanggung risiko yang dimiliki oleh pemegang polis, sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Untuk mendapatkan perlindungan asuransi yang disediakan oleh penyedia, maka pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar biaya premi yang sudah disepakati.

2. Biaya Premi atau Premi Asuransi

Ilustrasi istilah asuransi, biaya premi (SC: Pexels/ Andrea Piacquadio)
Ilustrasi istilah asuransi, biaya premi (SC: Pexels/ Andrea Piacquadio)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan perlindungan dari penyedia asuransi, maka pemegang polis memiliki kewajiban untuk membayar biaya premi.

Apa itu biaya premi atau premi asuransi? sejumlah pembayaran yang ditetapkan sebagai biaya pengalihan risiko dari pemegang polis pada penyedia asuransi.

Besaran dari biaya premi sendiri akan ditentukan oleh penyedia asuransi dan kemudian disepakati oleh pemegang polis.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi besar atau kecilnya dari biaya premi, seperti gaya hidup, rekam medis, jenis kelamin hingga pekerjaan tertanggung asuransi.

3. Tertanggung Asuransi

Istilah dari tertanggung asuransi digunakan untuk orang yang mendapatkan jaminan penggantian kerugian dari penyedia asuransi.

Dalam polis asuransi jiwa, tertanggung yang dimaksud adalah kepala keluarga atau anggota yang memiliki nilai ekonomi.

Sementara itu, dalam asuransi kesehatan, tertanggung bisa berupa karyawan, anak, istri atau bahkan orang tua.

Pihak yang menjadi tertanggung asuransi akan mendapatkan penggantian kerugian apabila terjadi risiko sesuai dengan apa yang tertulis dalam polis asuransi.

4. Biaya Akuisisi

Istilah dari biaya akuisis menunjuk pada biaya-biaya yang harus dibayarkan oleh para pemegang polis untuk mendapatkan layanan sebagai seorang nasabah.

Selain istilah biaya akuisisi, biaya yang sama disebut pula sebagai biaya penerbitan polis.

Biaya penerbitan polis tersebut termasuk biaya pembayaran fee untuk agen asuransi serta biaya operasional untuk perusahaan asuransi.

5. Lapse

Istilah terakhir dalam asuransi yang harus dipahami oleh pemegang polis adalah lapse, apa itu

Lapse merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi ketika pemegang polis tidak membayarkan biaya premi hingga masa tenggah atau grace period. 

Biasanya, masa tenggang dari pembayaran biaya premi berlangsung hingga 45 hari.

Apabila pemegang polis tidak tidak membayar sesuai masa tenggang, maka polis asuransi akan otomatis batal atau lapse. 

Jika kondisi lapse ini sudah terjadi, maka pemegang polis tidak bisa mendapatkan proteksi asuransi sesuai dengan apa yang ada dalam kontrak.

Sebab, jika status asuransi sudah lapse, maka penyedia asuransi sudah tidak lagi memiliki kewajiban untuk menanggung kerugian pemegang polis.

Itulah lima istilah penting dalam asuransi yang wajib dipahami jika kamu ingin membeli polis asuransi atau ingin menjadi pemegang polis.

Dengan memahami istilah-istilah ini, maka akan lebih mudah untuk pemegang polis memilih jenis asuransi yang sesuai.

Selain itu, memahami istilah penting dalam asuransi ini akan membuat pemegang polis dapat terhindari dari scam atau penipuan yang mungkin saja terjadi jika tidak pintar memilih perusahaan asuransi yang baik.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Istilah Penting dalam Asuransi yang Wajib Dipahami Pemegang Polis! yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Khansa Amira

Penulis konten yang suka mereview makanan, film dan buku