Travel & Wisata

Pesona Parangtritis, Pantai Selatan Paling Ikonik di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Ulasan singkat, harga tiket, rute, dan fasilitas terbaru



NOBARTV.CO.ID Pantai Selatan, Parangtritis, sampai saat ini masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berlibur ke Jogja. Pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini memang sudah terkenal sejak dulu, bahkan sering kali disebut-sebut sebagai pantai yang paling ikonik di Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Parangtritis

Memiliki daya tarik yang mampu memukau wisatawan membuat Paris–sebutan lain dari Pantai Parangtritis–selalu ramai dikunjungi, tanpa menunggu hari libur tiba. Apa saja pesona Paris yang membuatnya selalu ramai dikunjungi wisatawan?

1. Pasir Hitam yang Eksotis

Pantai Selatan Parangtritis Jogja
Suasana Pantai Parangtritis Jogja (SC: larasatinesa)

Salah satu keunikan pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini adalah pesona pasir hitam yang lembut. Gelapnya pantulan warna pasir terlihat kontras dengan air laut dan laut menciptakan sentuhan eksotis yang memikat.

2. Deburan Ombak yang Menantang

Tak hanya menyuguhi wisatawan dengan keindahan alamnya, Pantai Parangtritis juga menjadi surga tersendiri bagi para penggemar olahraga air. Ombak besar pantai ini menarik minat para peselancar, baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang berkeinginan untuk unjuk kebolehan menaklukan ombak pantai selatan ini dapat membawa sendiri peralatan surfing atau bisa menyewanya di lokasi. Aksi para peselancar ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang menyaksikan di pinggir pantai.

3. Romantisme Alam saat Senja

Sunset Pantai Selatan Parangtritis Jogja
Bendi di Pantai Parangtritis saat Senja (SC: Aneka Tempat Wisata)

Salah satu momen yang paling dinantikan wisatawan saat mengunjungi Pantai Parangtritis adalah ketika birunya langit telah berubah menjadi semburat oranye yang mampu menghangatkan siapa saja yang melihatnya. Kala momen itu tiba, para pengunjung biasanya akan berkumpul di tepi pantai untuk menikmati suguhan romantisme alam berwarna keemasan tersebut.

Masih ingin tinggal meski matahari telah sepenuhnya tenggelam? Tenang! Kamu tetap bisa nongkrong and chill hingga larut malam di pinggir pantai sembari menikmati hidangan khas penjual angkringan atau menyantap gurihnya jagung bakar dari pedagang setempat.

4. Kekayaan Budaya Lokal

Selain kemolekan alamnya yang memukau, Pantai Selatan yang satu ini juga memiliki kekayaan budaya lokal yang menawarkan pengalaman baru untuk para pengunjung. Apabila beruntung, kamu bisa saja menjumpai acara adat di bibir Pantai Parangtritis yang biasanya dilaksanakan oleh masyarakat setempat. Kamu bisa berburu kuliner khas Yogyakarta, seperti gudeg, nasi kucing, dan lainnya.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

ATV Pantai Parangtritis Jogja
ATV Pantai Parangtritis Jogja (SC: jogjakita)

Pantai Parangtritis atau yang biasa disebut Paris, memiliki garis pantai yang panjang. Hamparan luas bibir pantainya membuat kamu bisa melakukan banyak aktivitas yang membutuhkan banyak ruang, seperti bermain layang-layang, mengendarai ATV (All-terrain Vehicle), sekadar menggelar tikar untuk bersantai, atau menguji adrenalin dengan menaiki paralayang.

Kamu juga bisa menjelajahi area pantai dengan mengendarai Bendi, alat transportasi tradisional khas Jogja, yang memanfaatkan kuda sebagai tenaga utama.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Tempat oleh-oleh
  • Warung-warung makan
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Penyewaan ATV
  • Penyewaan surfing

Tempat oleh-oleh di area Paris terdapat berbagai stand penjual jajajan, kuliner sea food, kerajinan tangan dan aksesoris lainnya, hingga pakaian.

Lokasi

Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, D.I. Yogyakarta (kurang lebih 51 km dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh berkisar 50 menit). Klik link maps di sini.

Rute

Dari Pusat Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju Jokteng Wetan kemudian ikuti papan petunjuk menuju ke Jalan Parangtritis. Lurus terus hingga menjumpai Ringroad Selatan. Arahkan kendaraan menuju Kretek, Bantul. Ikuti petunjuk jalan menuju ke Pantai Parangtritis.

Harga Tiket

  • Tiket masuk Rp15 ribu (sudah termasuk asuransi)
  • Sewa ATV Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per 30 menit

Jangan lupa untuk tetap selalu waspada dan berhati-hati. Kita tidak pernah tahu bagaimana alam akan berinteraksi, apalagi Parangtritis merupakan Pantai Selatan yang lautnya langsung menjorok ke Samudera Hindia, yang sering kali menciptakan deburan ombak yang kuat. Utamakan keselamatan di mana pun kita berada.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pesona Parangtritis, Pantai Selatan Paling Ikonik di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

LINK LIVE STREAMING BOLA HARI INI

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)