Travel & Wisata

3 Persiapan Utama Mendaki Gunung untuk Pemula, Apa yang Perlu Dibawa?



NOBARTV.CO.ID Mendaki gunung menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta aktivitas luar ruangan. Terkadang kebahagiaan yang dirasakan pendaki saat berhasil menaklukkan puncak tertinggi sehingga bisa menikmati penorama alam yang tiada duanya, tidak dapat didefinisikan.

Kebahagiaan tersebut tentu tidak diraih dengan mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi saat mendaki, seperti trek yang licin, curam, hingga cuaca yang tak terduga. Pendaki harus mempersiapkan diri dengan matang, baik dari segi fisik, mental, hingga keperluan mendaki lainnya, agar dapat melalui tantangan tersebut.

3 Persiapan Utama Mendaki Gunung untuk Pemula

Mendaki Gunung
Ilustrasi Mendaki Gunung (SC: Pexels/Eric Sanman)

Pendakian bukan hanya mengandalkan kebugaran fisik, tetapi juga kestabilan emosi dan mental sebab ujian saat naik gunung bukan hanya saat melewati trek, termasuk di dalamnya adalah kemampuan beradaptasi, bertahan (survival), hingga kerja sama tim. Pendaki pemula perlu mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum naik gunung.

1. Informasi Pendakian yang Dituju

Sebaiknya kamu mengumpulkan informasi selengkap mungkin mengenai gunung yang akan kamu daki, seperti tata tertib, perizinan, medan pendakian, pantangan saat mendaki di gunung tersebut, hingga cuaca terbaru.

Kamu bisa mengumpulkan informasi tersebut dari akun resmi pengelola pendakian di sosial media, website, atau melalui akun para influencer pecinta alam di instagram, tiktok, maupun vlog pendakian di channel youtube mereka.

2. Kebugaran Fisik dan Mental yang Kuat

Setelah mengumpulkan informasi mengenai gunung yang akan kamu tuju, saatnya kamu mempersiapkan fisik dan mental.

Persiapkan fisikmu dengan melakukan olahraga rutin, paling tidak satu minggu sebelum jadwal pendakian. Kamu bisa joggjing setiap hari agar otot kakimu lebih kuat. Selain itu jogging membantu melatih sistem pernapasan dan keseimbangan tubuh, sehingga tubuh tidak terkejut saat kamu mendaki.

Menyiapkan mental dengan sebaik-baiknya. Tanamkan pada diri sendiri bahwa pendakian akan berjalan lancar, kamu dan rombongan akan sehat dan selamat. Bila perlu, persiapkan skenario terbaik untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi saat pendakian dengan membekali diri akan pengetahuan pertolongan pertama.

3. Ketahui Pesan Tak Tertulis saat Mendaki Gunung

Hukum Mendaki Gunung Take Nothing But Pictures Leave Nothing But Footprints
Motto saat Beraktivitas di Alam Terbuka (SC: Image Professionals)

Ada tiga hukum tak tertulis saat mendaki gunung yang perlu pendaki pemula ketahui, antara lain:

  1. Kill nothing but time.
  2. Leave nothing but footprint.
  3. Take nothing but picture.

Jangan membunuh apa pun, kecuali waktu. Jangan meninggalkan apa pun, kecuali jejak, dan jangan mengambil apapun dari gunung, baik itu flora, fauna, atau benda, kecuali gambar.

Bawa turun sampahmu. Perlu diingat bahwa gunung bukan tempat sampah. Kita berkunjung ke gunung saat gunung keadaan bersih, maka saat kita meninggalkannya, gunung harus dalam keadaan bersih juga.

Logistik dan Peralatan Mendaki Gunung untuk Pemula

Ketahanan fisik saja belum cukup untuk menghadapi segala rintangan saat mendaki. Asupan makanan juga diperlukan agar stamina tetap terjaga oleh karena itu, pastikan kamu menyiapkan bahan makanan yang cukup saat naik gunung. Berikut rekomendasi logistik yang bisa kamu siapkan.

  • Roti gandum
  • Sayuran
  • Sosis
  • Gula merah (cemilan)
  • Mie instan
  • Tuna kaleng
  • Air minum kemasan

Perlengkapan mendaki juga perlu dipersiapkan sebagai senjata pertahanan diri selama pendakian. Berikut rekomendasi daftar peralatan yang sebaiknya kamu bawa saat mendaki.

  • Set pakaian secukupnya (baju, celana, dalaman) plus sarung tangan dan kaos kaki.
  • Jaket gunung
  • Kantong tidur atau sleeping bag
  • Matras
  • Tenda
  • Sepatu gunung
  • Nesting atau perlengkapan memasak
  • Headlamps atau senter
  • Jas hujan
  • Trekking bag
  • P3K Kit

Setidaknya ada total 14 perlengkapan penting naik gunung yang bisa kamu cek selengkapnya di sini.

Pastikan kamu telah mempersiapkan semua dengan matang sehingga meminimalisir terjadinya risiko yang tidak diinginkan saat mendaki gunung.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 3 Persiapan Utama Mendaki Gunung untuk Pemula, Apa yang Perlu Dibawa? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Yuvita Mulanda

Writing is a cure for me :)