Intermezzo

Media Korea Sebut Arab Saudi Siap Gantikan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Tidak hanya Qatar dan Argentina saja, Federasi Sepak Bola Arab Saudi juga dirumorkan bersedia untuk menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah 2023. Berita tersebut pertama kali dimuat oleh media asal Korea Selatan Yonhap News Agency.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Indonesia sedang dalam ketidakpastian. Pasalnya, babak drawing yang seharusnya dilakukan pada Jumat 31 Maret mendatang diputuskan batal. Pembatalan yang disampaikan oleh FIFA itu tak lepas dari berbagai penolakan terhadap salah satu kontestan yakni Timnas Israel.

Skuad muda Israel tak direstui untuk datang bahkan bermain di Indonesia. Apalagi sampai menyanyikan lagu kebangsaan mereka diiringi dengan berkibarnya bendera nasional miliknya.

Ketidaksetujuannya tersebut didasari karena konflik yang dilakukan Israel di negara mereka. Negara asal Eropa yang dulunya menjadi bagian dari Asia itu disebut sebagai penjajah tanah Palestina. Oleh sebab itu, sesuai dengan amanat UUD 1945, menerima kedatangan mereka sama dengan melanggar konstitusi.

Akibatnya, rumor-rumor terkait pembatalan Piala Dunia U-20 semakin dihembuskan. Bahkan, rumor yang yang tak kalah hebohnya adalah FIFA disebut telah menunjuk Peru sebagai pengganti Indonesia. Rumor lainnya juga menyebut Federasi Sepak Bola Qatar dan Argentina menyatakan siap untuk menggantikan posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

Namun menariknya, salah satu media asal Korea Selatan Yonhap News Agency justru memberitakan kabar berbeda. Di saat media lain menyebut Qatar dan Argentina, Yonhap News Agency justru mengklaim bahwa Federasi Sepak Bola Arab Saudi juga berniat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Ketertarikan Arab Saudi disebut-sebut sebagai modal utama mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 mendatang. Jika mereka mampu menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20, maka peluang untuk ditunjuk sebagai tuan rumah pada edisi 2030 tersebut akan semakin terbuka lebar.

Minat Arab Saudi tersebut tentu mengejutkan banyak orang. Pasalnya, di saat Indonesia yang diketahui merupakan negara demokrasi justru mati-matian menolak Israel, namun Arab Saudi, negara yang sudah jelas dikenal sebagai negara muslim justru tak mengapa jika harus menerima kedatangan Israel.

“Demi melancarkan misi menyelenggarakan Piala Dunia 2030, ada rumor yang menyatakan Arab Saudi bersedia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pengganti Indonesia,” rilis Yonhap News Agency.

Kabarnya, pada hari kemarin, PSSI dan pemerintah RI melakukan rapat terbatas. Rapat tersebut membahas terkait dibatalkannya babak drawing tersebut dan hal apa yang harus dilakukan agar Indonesia tetap dinyatakan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Pada malam harinya, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI juga sudah berangkat ke markas besar FIFA di Swiss untuk melobi para petinggi agar Indonesia tetap dinyatakan sebagai tuan rumah untuk even tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments