Timnas Indonesia

Beberapa Pemainnya Belum Gabung TC, STY: Harus Ada Pengorbanan dari Klub!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – STY meminta pengorbanan klub untuk melepas pemainnya ke TC . Hal itu disampaikan Shin karena beberapa pemain belum bergabung di pemusatan latihan tersebut.

Sebagaimana diketahui, pada 25 dan 28 Maret mendatang, skuad asuhan Shin Tae-yong akan menjamu tim asal Afrika Timnas Burundi. Jamuan tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Laga bertajuk persahabatan itu bakal dilangsungkan di dalam kalender FIFA Matchday.

Sebelum bertanding, STY telah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut. Mereka diminta untuk hadir di TC sejak 20 Maret kemarin. Akan tetapi, di hari pertama TC tersebut, beberapa pemain ternyata belum bergabung dengan rekan-rekannya. Namun beberapa pemain yang lain juga sudah bergabung di TC itu. Seperti Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak, Muhammad Ferrari, hingga Dzaky Asraf. Pemusatan latihan Timnas Indonesia dilakukan di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan.

Adapun pemain yang dipastikan belum bergabung dalam TC tersebut adalah trio Persib Bandung Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Diketahui, pada hari yang sama (kemarin), ketiganya terpantau masih membela Persib ketika menjamu Dewa United di ajang Liga 1.

Atas hal tersebut, sang pelatih Shin Tae-yong meminta kepada para klub untuk segera melepas pemainnya. Karena tidak lebih dari lima hari lagi, mereka akan bermain di ajang FIFA Matchday melawan Burundi. Lawan yang dihadapi pun tak sembarang. Burundi tercatat berada di peringkat 141 dunia. Mereka juga diperkuat oleh banyak pemain abroad Eropa. Oleh sebab itu, sebagai persiapan jelang duel itu, Shin meminta pemainnya untuk segera mungkin untuk bergabung.

“Kami sudah melakukan pemanggilan pemain dari klub tapi sampai saat ini ada beberapa pemain yang belum bergabung,” kata Shin Tae-yong kemarin.

Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu lalu menyinggung pengorbanan klub untuk melepas pemainnya. Sekadar diketahui, di TC kali ini, tidak hanya Timnas senior saja yang mengikutinya. 29 punggawa Garuda muda (Timnas U-20) juga diminta untuk melakukan TC di tempat yang sama. Namun untuk skuad Garuda muda, TC kali ini sebagai persiapan mereka sebelum tampil di 2023. Dan mirisnya, beberapa pemain Garuda muda juga belum bergabung di TC tersebut.

“Harus ada pengorbanan dari klub agar kami bisa membuat tim yang lebih baik termasuk di timnas U-20 Indonesia. Jadi baik klub dan semua pihak harus menjadi satu hati untuk garuda,” ujarnya menambahkan.

Bahkan, Shin sampai memohon agar klub sesegera mungkin melepas pemainnya. Ia juga meminta kepada Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri untuk membantunya. Sebab belajar dari pengalaman yang sudah lewat, STY tak ingin TC skuad Garuda muda jelang Piala Asia U-20 kemarin terulang lagi saat ini. Ketika itu, banyak pemain Garuda muda yang bergabung belakangan. Bahkan, Persija saat itu baru melepas pemainnya sekitar satu mingguan jelang keberangkatan ke Uzbekistan (tuan rumah Piala Asia U-20).

“Saya benar-benar minta tolong semua klub bisa lepas pemainnya agar tidak terulang lagi situasi sebelum kami berangkat ke Uzbekistan. Saya juga sudah meminta kepada coach Indra Sjafri untuk berdiskusi dengan klub dan membantu kami supaya saya juga tidak terlalu stres,” pungkas mantan pelatih Seongnam Ilhwa itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments