Piala AFF

5 Kiper Terbaik Piala AFF 2022, Tak Ada Nama Kiper Thailand!

NOBARTV NEWS – Selain mempublikasikan daftar bek terbaik Piala AFF 2022, AFF juga mengunggah deretan kiper terbaik dalam turnamen tersebut. Menariknya, tak ada kiper Thailand yang masuk dalam daftar tersebut. Padahal, Thailand merupakan kampiun Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, dalam laman instagram, AFF telah merilis daftar pemain terbaik sesuai posisinya masing-masing. Dalam daftar bek terbaik, dua pemain Timnas masuk ke dalam daftar. Mereka adalah Jordi Amat dan Bahar. Lalu, bagaimana dengan kiper? Apakah kiper masuk dalam daftar? Berikut lima kiper terbaik di Piala AFF 2022!

1. Nadeo Argawinata (Timnas Indonesia)

Nadeo tak tergantikan selama fase grup hingga babak semifinal kecuali di laga melawan Filipina. Ia selalu setia berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Nadeo hanya digantikan ketika Timnas Indonesia melawan tim berjuluk The Azkals itu.

Saat itu, Nadeo terpaksa diganti karena mengalami cidera akibat bertubrukan dengan pemain Filipina. Nadeo meringis kesakitan dan akhirnya digantikan oleh . Dari tiga kiper Timnas Indonesia yang dibawa ke Piala AFF 2022, kiper Bali United itu paling banyak turun. Sementara kiper ketiga Indonesia Muhammad Riyandi tak pernah bermain sama sekali.

Nadeo hanya kebobolan sebanyak 4 kali dalam 6 pertandingan yang dilakoninya.

2. Dang Van Lam (Timnas Vietnam)

Timnas Indonesia benar-benar dibuat frustrasi oleh kiper Vietnam Dang Van Lam. Pasalnya, kiper 29 tahun milik Binh Dinh FC menjadi tembok kokoh bagi skuad Vietnam. Dari dua pertandingan dalam leg pertama dan kedua di semifinal Piala AFF 2022, Marc Klok dkk tak mampu mencetak satu gol pun ke gawangnya.

Dari fase grup hingga final, gawang Dang Van Lam hanya dibobol sebanyak 3 kali. Itupun oleh Timnas Thailand saja.

3. Syihan Hazmi (Timnas Malaysia)

Kiper Johor Darul Takzim dan Timnas Malaysia Syihan Hazmi tampil memukau di Piala AFF 2022 kemarin. Syihan tampil sebanyak 5 kali di Piala AFF 2022.

Satu-satunya laga yang ia lewati adalah ketika Harimau Malaya melawan Timnas Laos. Dan sepanjang 5 pertandingan tadi, gawang Syihan dibobol sebanyak 7 kali.

4. Soksela Keo (Timnas Kamboja)

Timnas Kamboja tampil mengejutkan di Piala AFF 2022. Anak asuh itu sukses membungkam Filipina di fase grup. Bahkan, di akhir fase grup tersebut, Kamboja bertengger di peringkat ketiga. Mereka berhasil mengumpulkan 6 poin.

Penampilan cemerlang Kamboja itu tak lepas dari peran sang kiper Soksela Keo. Keo tak tergantikan selama fase grup sehingga membuat dua kiper Kamboja lainnya tak mendapatkan kesempatan untuk bermain sama sekali. Dari empat laga yang diikuti Keo, gawang Kamboja dibobol sebanyak 8 kali.

5. Hasan Sunny (Timnas Singapura)

Kiper gaek Singapura Hasan Sunny juga masuk dalam daftar. Meski tak muda lagi, kiper baru Albirex N. (S) ini tetap tampil spartan.

Di fase grup, Hasan tampil sebanyak 3 kali. Sayang, di laga terakhirnya melawan Malaysia, Hasan harus memungut bola sebanyak 4 kali. Empat gol tersebut menjadi gol yang pernah masuk ke gawangnya. Adapun di dua laga sebelumnya (vs Laos dan Vietnam), gawang Hasan tak tersentuh oleh lawan-lawannya.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments