PSSI Jalin Kerjasama dengan UEFA, Bahas Pengembangan Liga hingga Tata Kelola Operasional Klub

PSSI Jalin Kerjasama dengan UEFA, Bahas Pengembangan Liga hingga Tata Kelola Operasional Klub

NOBARTV NEWS – PSSI menjalin kerjasama dengan UEFA terkait Pengembangan Liga dan Peningkatan Kapasitas Klub sejak 19 November kemarin dan berakhir pada hari ini. Bertempat di Hotel Century, Jakarta, kolaborasi antara PSSI dan UEFA itu diselenggarakan dengan tajuk League Development Program (LDP).

Dalam kesempatan ini, selain dari pihak PSSI, seluruh perwakilan klub Liga 1 juga hadir sebagai peserta. Adapula dari operator liga dalam hal ini PT LIB (Liga Indonesia Bersatu). Adapun dari UEFA, federasi sepak bola Eropa mengirimkan tiga perwakilannya yakni Eva Pasquier (Head of International Relations UEFA), Stuart Robert Larman (UEFA Assist Expert), dan Kenny MacLeod (UEFA Assist Expert).

Berbagai hal dibahas dalam kerjasama yang dibicarakan selama empat hari ini. Hal yang paling penting dari sekian topik yang dibicarakan adalah tata kelola operasional dan bisnis klub. Seperti bagaimana cara mengembangkan teknik, memanajemen keuangan, cara berkomunikasi dengan fans, dan lain sebagainya.

Dalam pertemuan itu, Eva Pasquier merincikan bagaimana sepak bola Indonesia sulit berkembang dalam kurun waktu lima tahun ini. Padahal semua orang tahu jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan sepak bola sebagai olahraga terfavorit. Eva percaya dengan usaha yang dilakukan PSSI, mereka mampu untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut.

“Kita tahu bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling populer dan sangat kuat, semua orang menyukai sepak bola. Namun sepak bola Indonesia mengalami masa-masa sulit dalam lima tahun terakhir, mulai dari pembekuan Federasi, kemudian covid-19 melanda, dan baru-baru ini tragedi Kanjuruhan yang terjadi bulan lalu. Tapi kami percaya bahwa dengan kekuatan dan kecintaan negara Indonesia pada sepak bola, serta usaha federasi dan klub untuk mengatasi kesulitan tersebut, sepak bola Indonesia akan kembali lagi ke tempatnya semula, yaitu di atas,” terang Eva Pasquier.

Stuart Robert Larman selaku UEFA Assist Expert memuji perkembangan klub-klub Indonesia. Menurutnya, klub-klub di Indonesia sudah berada di jalan yang baik dalam artian pengembangan mereka sudah berada di jalan yang tepat.

“Ada banyak klub di Indonesia yang sudah dalam kondisi pengembangan yang cukup baik, tentunya kami berharap dapat membantu beberapa klub lainnya untuk maju ke level yang lebih tinggi. Menurut saya alat terbaik yang kami lihat di negara mana pun yang mencoba memprofesionalkan klub mereka adalah melalui Club Licensing, dan kami berharap Club Licensing dapat ditingkatkan dan diterapkan dengan baik oleh klub. Kita juga harus melihat bagaimana liga dan klub dapat menghasilkan pendapatan yang lebih beragam untuk dapat diinvestasikan dalam pengembangan pemain dan pengembangan tim utama,” terangnya.

Dari pihak klub yang hadir yakni Direktur PT Persib Bandung Bermartabat berharap kegiatan serupa kembali digagas oleh PSSI dan UEFA. Menurutnya, acara seperti ini sangat bagus. Karena tujuan utama dari digelarnya acara serupa adalah demi meningkatkan mutu serta kualitas klub itu sendiri.

“Kami berharap PSSI bisa rutin melakukan program-program pengembangan segala aspek seperti ini kedepannya sehingga kami klub di Indonesia bisa menjadi lebih baik,” jelas Teddy Tjahjono selaku Direktur PT Persib Bandung Bermartabat.

Penulis:
Editor: Andri Yarusman

Dapatkan berita & prediksi bola terupdate dari kami dengan mendownload APK NOBARTV NEWS di Google Playstore | Google News.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Responses

DOWNLOAD APK NOBARTV NEWS di GOOGLE PLAYSTORE

X
Share to...