Timnas Indonesia

2 Alasan Justin Hubner Pilih Timnas Indonesia daripada Belanda, Apa Saja?

NOBARTV NEWS – Justin Hubner mengungkapkan alasannya lebih memilih Indonesia dibandingkan dengan .

Seperti yang diketahui, pada hari Rabu kemarin (06/12), bek muda Wolverhampton Wanderers FC Justin Hubner resmi menyandang status baru sebagai WNI. Ia melakukan sumpah WNI tersebut di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Sejatinya, Justin telah menyelesaikan proses naturalisasinya bersamaan dengan dua pemain muda lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ya, pada awalnya – Justin Hubner, Rafael Struick, hingga Ivar Jenner akan melakukan proses naturalisasi secara bersamaan.

Namun sayangnya, dari ketiga nama tersebut, cuma Ivar Jenner dan Rafael Struick yang akhirnya melakukan proses naturalisasi tersebut. Keduanya disahkan sebagai WNI pada pertengahan tahun ini (2023). Bahkan, keduanya sudah mencatatkan debutnya tatkala Timnas Indonesia melawan Timnas pada ajang FIFA Matchday beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Justin Hubner tidak melanjutkan proses naturalisasinya. Disebutkan kalau Justin Hubner batal melanjutkan proses naturalisasi karena tidak adanya kata sepakat antara PSSI dan agen Justin Hubner. Selain itu, batalnya proses naturalisasi kepada Justin Hubner disebut-sebut karena Indonesia batal menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-20 2023.

Ya, pada awalnya, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Namun sayangnya, Indonesia oleh FIFA dinyatakan batal sebagai tuan rumah. Akibatnya, hal itulah yang membuat Justin Hubner memilih untuk batal melanjutkan proses naturalisasi tersebut.

Namun kemudian, setelah beberapa bulan lamanya, Justin Hubner akhirnya tetap melanjutkan proses tersebut. Kemarin, proses naturalisasi tersebut diakhiri dengan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Dengan demikian, maka status yang dimiliki Justin Hubner sama dengan Ivar Jenner hingga Rafael Struick. Kemungkinannya, Justin Hubner sudah bisa debut di 2023 tahun depan.

2 Alasan Justin Hubner Pilih Timnas Indonesia daripada Belanda, Apa Saja?
Justin Hubner dalam perjalanan menuju Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta

Menariknya, pasca diresmikan sebagai WNI Rabu kemarin, Justin mengungkapkan alasannya lebih memilih untuk membela Timnas Indonesia dibandingkan Belanda. Padahal, beberapa waktu lalu, Justin sempat mendapat panggilan untuk memperkuat U-20. Namun kini, ia justru lebih memilih untuk membela tanah kelahiran nenek moyangnya.

Terkait alasannya lebih memilih sebagai WNI dibanding Belanda, Justin menyebut dua faktor yang mendasarinya. Pertama adalah faktor suporter dan kedua Indonesia memiliki generasi muda yang bagus.

“Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda. Saya berpikir kita punya generasi yang bagus dan bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini,” jelas Justin Hubner.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa bermain untuk timnas Indonesia,” ucapnya memungkasi.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid