Timnas Indonesia

12 Pemainnya Diminta Ikuti TC Timnas Indonesia, Persija Minta Laga Melawan Persita Ditunda

NOBARTV NEWS – Persija dipaksa kehilangan banyak pemainnya dalam waktu yang bersamaan. Pasalnya, 12 pemainnya diminta untuk mengikuti TC di waktu serentak. Akibat hal itu, Persija meminta laga melawan Persita Tangerang ditunda.

Sebagaimana diketahui, senior dan U-20 bakal melakukan pemusatan latihan jelang dua even penting. Skuad Timnas senior akan bertemu Timnas Burundi dalam ajang FIFA Matchday pada bulan ini.

Dijadwalkan, dkk akan berjumpa tim asal Afrika Timnas Burundi. Skuad akan menjamu tim peringkat 141 FIFA itu pada 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot, Candrabhaga, Kabupeten Bekasi Jawa Barat.

Sedangkan Timnas Indonesia U-20, meskipun Muhammad Ferrari dkk bakal mentas di Piala Dunia U-20 pada bulan Mei mendatang, namun mereka akan melakukan pemusatan latihan sejak dini. Direncanakan, skuad Garuda muda akan melakukan TC di Korea Selatan pada awal April bulan depan. Namun karena visa tak jadi secepat kilat, maka mereka diminta untuk mengikuti TC lebih dulu di Jakarta. Rencananya, pemusatan latihan untuk Garuda muda akan dimulai pada esok hingga 10 hari ke depan. STY sendiri telah memanggil 29 pemain untuk TC tersebut.

Menariknya, Persija diminta untuk melepas 8 pemainnya di TC Garuda muda tersebut.

Dan yang lebih menarik lagi, untuk pemusatan latihan Timnas senior jelang hadapi Burundi itu, dari 28 pemain yang dipanggil STY (untuk mengikuti TC tersebut), 6 di antaranya merupakan pemain Persija Jakarta. Namun dua pemain di antaranya juga mengikuti TC bersama skuad Garuda muda. Sehingga jika ditotal, ada 12 pemain Persija yang akan mengikuti TC tersebut.

TC skuad Garuda muda dan Timnas Indonesia senior ini akan dilakukan secara bersamaan dan bakal dimulai pada Senin 20 Maret besok.

Alhasil, dalam kurun waktu sampai semingguan ke depan, Persija tak akan diperkuat oleh 12 nama tersebut. Hal itu membuat Wakil Persija Ganesha Putera angkat suara. Sebab diketahui, pada tanggal 28 Maret nanti, Persija akan bertandang ke markas Persita Tangerang. Jika 12 pemainnya tetap berada di Timnas Indonesia, maka Persija harus bermain dengan kekuatan seadanya. Oleh sebab itu, Persija meminta laga melawan Persita itu untuk ditunda.

“Jadi berdasarkan dua surat pemanggilan dan pembicaraan lisan itu, artinya sangat clear dari periode 20-29 Maret di mana Persija punya satu pertandingan melawan Persita (28/3), kami akan bermain tanpa 12 pemain,” ucap Ganesha Putera.

“Sekali lagi saya garis bawahi 12 pemain. Kemudian apa bila komunikasi lisan itu terealisasi, artinya dari 29 Maret sampai kompetisi selesai Persija akan bermain tanpa 11 pemain. Jadi ada problem yang muncul,” ujarnya menambahkan.

“Apa yang saya sampaikan di sini kelihatannya problemnya Persija. Tapi no, ini problemnya sepakbola Indonesia. Karena sebenarnya klub mengalami permasalahan yang sama. Saya tahu ada klub-klub yang mungkin punya pertandingan di window FIFA Matchday antara 20-29 Maret 2023.”

“Kemudian sikap kami seperti apa? Tak bosan-bosan Persija selalu menyampaikan pernyataan yang clear bahwa kami berkomitmen sepenuhnya terhadap sepakbola Indonesia. Komitmen terhadap kemajuan sepakbola Indonesia secara utuh. Artinya, kalau kita bicara sepakbola Indonesia seara utuh di dalamnya tak hanya ada Tim nasional. Timnas salah satunya. Selain itu masih ada klub, kompetisi profesional, marketing, media, aspek komersial, dan seterusnya,” ujarnya memungkasi.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid